Jenis Kayu Yang Biasanya Digunakan Untuk Membuat Furniture

Jenis Kayu Yang Biasanya Digunakan Untuk Membuat Furniture

Jenis Kayu Yang Biasanya Digunakan Untuk Membuat Furniture Atau Mebel!

Beaux Paint. – Jenis Kayu Yang Biasanya Digunakan Untuk Membuat Furniture Atau Mebel. Pembahasan pada kali ini adalah tentang jenis-jenis kayu yang biasanya digunakan untuk membuat furniture atau mebel. Para pengrajin furniture biasanya akan mengetahui apa saja jenis-jenis kayu yang bagus untuk dijadikan furniture. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika beberapa orang yang masih pemula membuat mebel, perlu belajar mengenal apa saja jenis-jenis kayu yang memiliki kualitas bagus.

Bahan kayu solid biasanya diminati oleh para pengrajin untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan produk furniture atau mebel di rumah. Alasannya karena bahan kayu solid selain tahan lama atau awet, material kayu solid memiliki kapasitas untuk menampung beban yang lebih berat dari bahan kayu lainnya. Sebenarnya tidak hanya bahan kayu solid yang menjadi pilihan pada saat membuat furniture, akan tetapi ada banyak sekali jenis-jenis kayu.

Memang, anda perlu untuk memilih jenis kayu yang berkualitas, akan tetapi persediaan kayu tak selamanya ada. Dengan kata lain persediaan kayu seringkali terbatas dan ini membuat para pelaku di industri kerajinan mulai beralih untuk memakai bahan baku alternatif yang lainnya. Alasan lain beberapa orang pembuat furniture lebih memilih menggunakan bahan kayu alternatif adalah karena biaya lebih murah dan lebih ramah lingkungan.

Berikut Beberapa Jenis Kayu Yang Digunakan Untuk Membuat Furniture (Mebel)

Bahan baku kayu solid memang banyak diminati karena selain bahan yang paling kuat tentunya tampilan kayunya juga lebih indah dan dapat dibongkar pasang. Dengan begitu para konsumen kayu solid tidak hanya dalam negeri melainkan juga dari luar negeri. Jenis kau solid juga terbagi menjadi beberapa bagian tertentu. Nah berikut ini adalah pembahasan jenis kayu solid yang banyak diminati dan paling cocok untuk Anda jadikan sebagai bahan membuat furniture.

Kayu Jati bisa diilang merupakan kayu premium, kayu jati berasal dari hutan tropis di Asia Tenggara. Banyak sekali para penggiat hobi kayu (pengrajin kayu) baik untuk produk interior – dalam ruangan ataupun eksterior – luar ruangan yang memilih menggunakan kayu jati ini. Ciri-ciri kayu jati diantaranya yaitu: memiliki lapisan minyak pada galih kayu yang tahan air, sehingga membuat kayu jati tampak selalu bersinar dan tahan dalam rentang waktu yang lama. Kayu jati seringkali dipilih untuk membuat furniture karena marupakan kayu yang anti bakteri dan tidak mudah lapuk. Perawatannya juga mudah, selain tahan lama, pekerjaan furniture dengan kayu jati juga lebih mudah dilakukan.

Harga kayu mahoni lebih murah jika dibanding kayu jati. Akan tetapi jika diolah menjadi furniture, produk furniture harga kayu mahoni lebih mahal dibanding furniture dari kayu jati. Jika membuat furniture dengan kayu mahoni akan lebih mahal dari kayu jati karena akan lebih terlihat lebih indah jika dipandang. Kayu mahoni memiliki ciri-ciri dengan pori-porinya yang lebih halus, dan warnanya lebih kecoklatan. Tak jarang juga ada banyak sekali orang yang memilih kayu mahoni ini.

Kayu Nyatoh juga merupakan salah satu kayu yang paling banyak diminati pengrajin kayu untuk membuat furniture (mebel) pada umumnya. Kayu ini banyak terdapat di propinsi Riau di pulau Sumatera. Kayu nyantoh juga memiliki serat yang halus, licin dan tekstur yang sama dengan kayu jati. Warna kayu ini merah lebih kecoklatan, tak kalah dengan kayu jati, ketahanan kayu nyatoh juga tergolong awet terhadap serangan rayap.

Kayu Pinus sangat diminati untuk dijadikan bahan baku membuat furniture (mebel) karena selain kayu pinus sangat mudah didapatkan, persediaan banyak. Harga kayu pinus juga sangat terjangkau dibandingkan dengan harga kayu yang lainnya. Sama halnya dengan kayu sungkai yang juga banyak dilirik sebagai alternatif kayu jati dengan harga premium. Rata-rata desain furniture dirumah kuliner di Semarang dibuat dari kayu sungkai. Karena selain memiliki warna yang lebih terang, kayu sungkai juga cocok untuk furniture (mebel) yang berada di dalam ruangan interior.

Ada juga Kayu Ramin yang biasanya banyak terdapat di pulau Sumatera dan Kalimantan. Kayu yang satu ini digunakan tidak hanya untuk membuat produk furniture tetapi juga moulding, bingkai, veneer dan tentunya masih banyak lagi hal lainnya. Warna kayu ramin kekuningan, teksturnya halus dan rata. Sehingga lebih mudah untuk dipakai dalam proses pembuatan furniture.

Selanjutnya adalah kayu cedar yang banyak dikenal dengan nama aras berasal dari kawasan Mediterania atau Himalaya. Kayu cedar memiliki ciri khas daun yang sangat runcing dan hijau disepanjang tahun. Di pasaran, kayu cedar banyak dipakai sebagai bahan baku untuk produk lemari pakaian, sepatu dll. Kayu cedar lebih tahan pada saat cuaca dingin dan hujan, kayu ini tidak akan lembab dan tidak mudah membusuk. Selain itu aroma kayu ini juga segar tidak seperti kayu yang lainnya. Kayu yang satu cedar dipilih untuk membuat furniture karena tahan akan rayap dan serangga dan memiliki kelebihan dengan kandungan resinnya yang dapat menyerap kelembaban dan bau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *